Tuesday, April 22, 2014

Memahami Penderitaan

Pernahkah anda merasa menderita karena berada pada suatu tempat yang kurang anda sukai? Saya memiliki seorang teman sering merasakan hal itu, terutama saat harus pergi ke daerah baru dengan kebudayaan baru. Dia akan merasa sanagat menderita karena hal tersebut, walaupun saya tetap dapat merasa damai dan bahagia di tempat yang sama. Saat saya mengingat hal itu saya merasa sedikit tergelitik untuk menelaah mengapa teman saya itu menderita.


Sebelum saya berpikir mengapa dia dapat menderita, saya berpikir apa itu penderitaan. Saya yakin tiap orang memiliki definisi yang berbeda bila ditanya apa itu penderitaan.  Beberapa orang menyatakan bahwa penderitaan adalah hilangnya makna akan sesuatu, dan teman yang lain menyatakan bahwa penderitaan adalah kondisi tidak senang atau tidak nyaman akan sesuatu. Ada yang menyatakan bahwa penderitaan adalah suatu rasa sakit akibat tidak mau menyadari dan menerima kehendak Tuhan. Ada juga  yang bilang bahwa penderitaan itu cobaan. Dari sana saya mulai melihat bahwa kata kunci dari penderitaan adalah tidak senang, tidak nyaman, tidak mau menerima. Bila digeneralisasikan, bisa dikatakan penderitaan disebabkan oleh satu kata, penolakan.

Penolakan atau suatu tindakan tidak menerima sesuatu memang menjadi sumber utama dari penderitaan. Jadi penderitaan bukan berasal dari orang tertentu, barang tertentu atau kondisi tertentu. Penderitaan berasal dari bagaimana kita melihat sesuatu. Apakah kita dapat menerima nya atau melakukan penolakan akan hal itu.Kebanyakan orang berkata bahwa apabila mereka memiliki harta yang berlimpah, mereka akan bahagia. Namun di cerita cerita sering digambarkan seorang putri yang memiliki harta berlimpah, istana yang megah, dengan lusinan pelayan namun tidak bahagia dan merasa menderita. Sang Putri ini menderita karena terdapat penolakan pada dirinya tentang kondisi nya sebagai orang yang harus bersikap layaknya seorang putri. Bila dia dapat menerima hal itu dengan lapang dada tentu tidak akan menderita. Di cerita lain seorang pengusaha yang merasa menderita karena tidak sesuai dengan targetnya. Hal tersebut juga disebabkan oleh penolakan dirinya dengan kondisi yang dialaminya. Bukan kondisi itu yang menyebabkan penderitaan, namun keadaan dimana dia menolak realita bahwa kondisi sekarang tidak sesuai dengan ekspektasi nya. Begitu juga saat seseorang merasa menderita karena mengetahui sesuatu yang tidak sesuai dengan yang dia inginkan. Dia menolak kenyataan itu dan akhirnya dia yang menderita

Jadi salah satu cara paling mudah untuk tidak menderita adalah dengan menerima apa pun yang terjadi, toh hal yang memang kita dapatkan adalah hal yang layak kita terima. Kita layak karena di masa lalu kita pernah menanam hal tersebut, seperti peribahasa Bahasa Indonesia, ada asap ada api. Terkadang ada hal hal yang tidak dapat kita rubah, jadi bila itu tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, akan lebih mudah mengubah cara pandang kita dan terima lah hal hal tersebut. Tanpa penolakan, hidup akan terasa jauh lebih indah. Ingat penolakan pada apa yang diberikan Tuhan bisa dikatakan sebagai penolakan pada Tuhan. Jadi terima apa yang anda dapatkan seperti anda menerima Tuhan.

Begitu juga teman saya yang saya ceritakan di atas merasa menderita karena dia belum bisa menerima kebudayaan dan orang orang yang tidak sesuai dengan apa yang dia mau. Bila dia dapat menerima kebudayaan, orang orang dan kondisi lingkungan di tempatnya tentu dia akan tetap merasa bahagia di mana pun dia berada.

Jadi masih ingin menolak hal  hal yang ada di sekitar anda?

Mahotama Seputra


8 comments:

  1. Bagus Gan Blog nya ,, :) Visit Balik http://fajardwimaarif.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. maaf gan telat kunjungannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp gan.. semoga corat coret ane bisa bermanfaat buat agan agan

      Delete
  3. sngat bermanfaat sob
    knjungan balik dan komentarnya di tunggu http://loooding.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih gan.. senang corat coret saya dapat bermanfaat bagi agan

      Delete
  4. Replies
    1. Anemon siapa nih :inget2
      Tapi ya mmg bener kog..

      Delete

Baca juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...