Saturday, August 16, 2014

Sudahkah Anda Merdeka?

Sudahkah Anda Merdeka?.“Merdeka atau mati!!” Seruan itu sering dilontarkan oleh para pahlawan kita yang berusaha memerdekakan Indonesia dari tangan penjajahan. 69 tahun sudah berlalu, tapi sadarkah Anda bahwa sampai sekarangpun Anda masih belum merdeka sepenuhnya. Saya tidak berbicara tentang kemerdekaan suatu bangsa, namun kemerdekaan pribadi. Mungkin Anda berpikir bahwa Anda masih belum merdeka karena Anda masih terikat peraturan peraturan yang berlaku di masyarakat, tapi saya tidak akan membahas itu, karena memang peraturan itu diperlukan agar mereka yang menyalahartikan kemerdekaan tidak melakukan hal hal yang bodoh.


Apakah Anda yakin Anda sudah merdeka? Sebelum saya membuktikan bahwa Anda masih belum merdeka mari kita sedikit bertanya pada diri sendiri apa arti kemerdekaan bagi diri kita. tentu jawaban Anda akan berbeda dengan jawaban saya. Saya berkata tersebut karena dari beberapa orang yang saya tanyakan tentang arti kemerdekaan, jawaban yang terlontar tidak sama. Ada yang berkata bahwa kemerdekaan adalah bebas melakukan apa yang mereka mau, ada yang berpendapat bahwa merdeka adalah bebas dari pihak lain, dan jawaban jawaban lain.

Tentu saja saya tidak dapat menyalahkan definisi kemerdekaan Anda, namun perkenankan saya untuk menjabarkan definisi merdeka saya. Merdeka menurut saya adalah suatu kebebasan untuk memilih atau bertindak dengan kesadaran penuh, tanpa tekanan atau kendali pihak lain dan siap menerima konsekuensi atas pilihan atau tindakan yang kita buat. Yak siap menerima konsekuensinya. 

Dalam suatu kemerdekaan kita akan bebas memilih dan dengan memilih suatu jalan kita harus siap dengan akhir dari jalan itu. Tentu saja pada saat kita tidak merdeka kita dapat menyalahkan mereka yang memilihkan jalan untuk kita, namun dalam kemerdekaan, kita yang memilih dan harus menerima konsekuensi dari jalan yang kita pilih, artinya kita tidak dapat menyalahkan siapa pun. Pilihan kita dan konsekuensi kita.

Setelah membaca definisi kemerdekaan saya, apakah Anda ingin mengoreksi definisi kemerdekaan Anda? apapun jawaban Anda, sekarang saya akan membahas beberapa hal yang membuktikan bahwa (kebanyakan) dari kita masih belum merdeka dan masih harus berperang melawan penjajahan. Tenang untuk melawan penjajahan ini kita tidak perlu menumpahkan darah seperti para pahlawan di peperangan dulu. 

Walaupun kita merasa kita sudah merdeka, tapi masih banyak yang belum dapat memilih dengan kesadaran penuh tanpa paksaan atau pengaruh yang lain. Contoh paling mudah adalah kita masih belum dapat memilih karena masih terbelengu dalam dendam dan kemarahan. Mereka yang terbelengu dalam kemarahan dan dendam tentu tidak dapat melihat suatu kondisi dengan jelas yang berakhir dengan ketidakmampuan untuk membuat suatu pilihan secara sadar tanpa pengaruh atau kendali dari kemarahan atau dendam itu sendiri.

Selain kemarahan, iri hati, ketamakan dan kerakusan juga menjajah kita. saat kita terjajah oleh ketamakan yang menginginkan semuanya menjadi milik kita. Mereka yang terbelenggu dalam ketamakan sering menghalalkan segala cara untuk memiliki semuanya. 
Begitu juga dengan iri hati. Mereka yang merasa iri akan sesuatu yang dimiliki orang lain tentu tidak akan dapat merdeka. Mereka terus menginginkan apa yang dimiliki orang lain dan terkadang dapat berlanjut menjadi kemarahan atau kebencian kepada mereka yang memiliki hal ingin dimiliki. 
 
Sebuah contoh, Wati merasa iri melihan Wita dengan tas tangan barunya. Walaupun secara logika Wita tidak salah, Wita hanya mengenakan apa yang dia miliki, memang beberapa orang sengaja memamerkan, namun beberapa tidak bermaksud demikian. Namun walaupun Wita tidak berniat memamerkan, Wati yang terbelengu iri akan merasa ingin memiliki tas tersebut dan bila tidak bisa, Wati akan berusaha agar Wita kehilangan tas tersebut. tampak jelas bahwa disini orang yang terbelengu dnegan iri tidak dapat berpikir dan mengambil keputusan secara sadar. Iri tidak hanya muncul pada benda seperti tas, terkadang orang merasa iri akan hal hal lain, misalnya pada banyaknya teman, pada nilai, atau karena perhatian dari orang lain. apapun yang menjadi penyebab iri hati, saat kesadaran mereka telah dikuasai oleh iri hati mereka masih belum merdeka sepenuhnya

Satu lagi yang menjajah kita adalah rasa bangga. Mungkin anda bertanya bagaimana rasa bangga menjajah kita, namun rasa bangga yang dapat didefinisikan sebagai suatu rasa senang atau kepuasan yang didapatkan oleh seseorang atas kelebihanya, dapat menjadi bumerang dan akhirnya menjajah kita. saat seseorang merasa memiliki kelebihan dan superior dari yang lain, maka dia akan merasa orang lain salah atau kurang berguna, yang akhirnya berujung pada diskriminasi. Sudah banyak kasus kasus diskriminasi yang berawal dari rasa bangga itu. Kebanggan dengan ras nya yang akhirnya menganggap ras lain hanya budak, atau kebanggaan akan status sosial, atau bahkan agama. Dan diskriminasi akan berlanjut menjadi kebencian. Bangga sebenarnya akan baik bila dalam kadar yang benar. Boleh bangga akan sesuatu, namun selama tidak memandang rendah yang lain.

Itulah beberapa bukti bahwa kita masih belum merdeka setelah 69 tahun Indonesia merdeka. Masih ada hal hal lain yang mengendalikan kita dalam melihat sesuatu dan mengambil keputusan. Walaupun begitu konsekuensi yang kita terima karena keputusan yang kita ambil saat terjajah oleh hal-hal diatas tetap harus kita tanggung. Kita tidak dapat lari dari konsekuensi perbuatan atau pilihan kita, jadi agar kita tetap bisa menikmati hal yang baik, mari sama sama mengendalikan hal hal diatas agar merdeka dari mereka.

Perjuangan kita sekarang sudah bukan dengan bambu runcing lagi. Perjuangan kita adalah mengendalikan pikiran kita agar tetap jernih dan merdeka. Musuh kita bukan lagi mereka yang diluar. Musuh kita sekarang adalah sifat sifat yang ada dalam diri kita. Jadi mari saling mengingatkan agar kita semua dapat merdeka. Semoga setelah perayaan hari kemerdekaan ke 69 Indonesia, kita dapat menjadi pribadi yang merdeka sepenuhnya dan terbebas dari penderitaan.

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 69


7 comments:

  1. Artikel yang memiliki pesan mendalam, hehe visit back ya mas http://e-aksesorisoriginal.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Biar bagaimanapun saya tetap merasa merdeka.. kalau masalah di atas, rasanya semua problem masih tetap ada selama hidup di dunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan memang akan selalu ada.. dan gimana catanya kita bisa memerdekakan diri. Meminimalisir itu semua. Dan memerdekakan diri kita

      Delete
  3. banyak orang yang masih terbelenggu dengan pemikiran mereka sendiri Gan

    ReplyDelete

Baca juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...