Sunday, August 31, 2014

Rahasia Memilih Kacamata Kehidupan Untuk Hidup Lebih Damai

Rahasia Memilih Kacamata Kehidupan Untuk Hidup Lebih Damai. Tiap orang memiliki pandangan yang berbeda tentang kehidupan, tergantung pada kacamata kehidupan yang mereka kenakan. Beberapa merasa bahwa hidup adalah kumpulan hal menarik, beberapa merasa hidup adalah kumpulan masalah dan yang lain merasa hidup adalah kumpulan teka teki. Semuanya benar. Karena hidup ini adalah kumpulan dari semua itu. Sedikit masalah, sedikit kebahagiaan, sedikit kesedihan, sedikit tawa, sedikit air mata dan komposisi yang diramu dengan sangat indah olehNya.

Dari sekian banyak campuran yang menyatu menjadi kehidupan, apa yang paling sering kita lihat tergantung dari kacamata kehidupan yang kita kenakan. Banyak yang menyebutnya paradigma, cara pandang atau sebutan lain, tapi saya lebih nyaman menggunakan istilah kacamata kehidupan. Saya analogikan ini sebagai kacamata, karena dengan kacamata kita akan melihat lebih jelas sesuatu, dan kacamata memiliki ukuran yang pasti. Ada kacamata minus, plus, atau silinder. Begitu juga kacamata kehidupan yang kita kenakan, membantu kita melihat hal hal dalam hidup ini dan juga memliki ukuran yang pasti. Ukuran yang pasti ini bukan plus minus ataupun silinder, namun secara garis besar adalah negatif atau positif. Walaupun kalau ditelaah lebih dalam akan banyak sekali pilihan kacamata kehidupan yang bisa kita pilih.


Suatu kejadiaan yang terjadi dapat dilihat berbeda oleh orang dengan kacamata kehidupan berbeda. Misalnya bila seorang pria terlihat mengobrol dengan wanita yang bukan istrinya di suatu kedai kopi, seorang dengan kacamata kehidupan yang berorientasi bisnis akan melihat itu sebagai suatu pertemuan bisnis. Seseorang dengan kacamata kehidupan berorientasi persahabatan akan melihat itu sebagai dua orang sahabat yang saling berbagi cerita, dan orang yang memiliki kacamata kehidupan selingkuh akan melihat itu sebagai suatu perselingkuhan. Apa yang sebenarnya terjadi tidak lah penting bagi orang-orang yang melihat dengan kacamata kehidupannya. Walaupun ternyata pria itu sedang berbincang bincang dengan adik kandungnya, orang yang mengenakan kacamata kehidupan itu akan tetap melihat seperti kacamata kehidupan yang dikenakannya.tentu bila mereka memilih kacamata kehidupan yang salah mereka akan menderita, seperti yang saya ceritakan di memahami penderitaan.




memilih kacamata yang tepat
Kacamata yang berdebu
Taken from http://pixabay.com/static/uploads/photo/2014/03/09/14/23/eyeglass-283761_640.jpg

Bila kita memahami hal tersebut dan dapat memilih kacamata kehidupan yang tepat pada saat yang tepat maka hidup kita akan jauh lebih damai, dan dengan kedamaian hati, hidup kita pasti akan menjadi lebih bahagia. Pertanyaanya adalah bagaimana cara kita mengganti atau memilih kacamata kehidupan yang kita inginkan. Sebenarnya kacamata kehidupan kita pilih secara tidak sadar dengan bagaimana kita berpikir. Dan dengan menyadari bahwa kita adalah bos dari pikiran kita sendiri, bukan pikiran kita bos dari kita, kita dapat memilihnya dengan mudah. sayangnya kebanyakan orang (termasuk saya dulu) merasa bahwa pikiran kita adalah bos kita, walaupun sebenarnya kendali ada di tangan anda. dengan tidak memegang kendali akan itu artinya anda membiarkan pikiran anda memilihkan kacamata kehidupan untuk anda. 

Akan terjadi sedikit perang batin dalam diri kita saat kita mencoba mengambil alih kendali diri kita. biasanya yang akan terjadi adalah pikiran-pikiran yang sesuai dengan kacamata kehidupan kita yang lama akan datang. Pada saat itu kita harus menyadari bahwa itu tidak sesuai dengan kacamata kehidupan yang kita kehendaki. Kita harus katakan pada diri kita bahwa itu bukan yang kita kehendaki, dan nyatakan dengan jelas dan tegas apa yang kita kehendaki. Lakukan itu berulang ulang dan perlahan anda akan dapat mengambil alih diri anda dari pikiran anda dan kacamata kehidupan anda bergeser menjadi seperti yang anda inginkan. Saya tidak bisa menjamin berapa lama anda harus melakukan hal tersebut, karena tiap orang memerlukan waktu yang berbeda. Saya termasuk beruntung karena saya diberikan pemahaman tentang pengukuran dengan energi terlebih dahulu, jadi perang batin yang saya lakukan jauh lebih mudah.

Satu hal yang pasti, sama seperti saat saya mengganti kacamata saya (saat minus saya meningkat), saya merasa sangat pusing dan tidak nyaman dengan kacamata baru saya. Apabila anda adalah pengguna kacamata anda tentu memahami perasaan itu. Bagi anda yang tidak mengenakan kacamata, cobalah anda pinjam kacamata teman anda dan coba kenakan sebentar, kurang lebih itu yang kami rasakan. Namun apakah karena itu saya memilih untuk mengenakan kacamata lama saya? Tidak. Kacamata saya yang baru sudah sesuai dengan ukuran mata saya, namun memang perlu waktu untuk penyesuaian. Begitu juga dengan perubahan kacamata kehidupan. Saat awal anda mengganti kacamata kehidupan anda, anda akan merasa sangat tidak nyaman dan terkadang asing dengan diri anda, namun dengan konsisten melakukan yang saya tulis tadi, lambat laun anda akan merasa nyaman dan anda akan melihat dunia dengan lebih indah, jika anda memilih mengenakan kacamata kehidupan yang benar.

Jadi silahkan memilih kacamata kehidupan yang tepat dengan diri anda, dan bagaimana anda ingin melihat hidup ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan jangan sungkan-sungkan meninggalkan komentar di bawah. Karena komentar anda adalah penyemangat saya untuk terus bertumbuh. Terima kasih

4 comments:

  1. Artikel yang Bermanfaat Nih Gan . Artikel Di Blog Ini Penuh dengan Inspirasi . Sukses selalu Gan .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya sering sering berkunjung gan.. hrheheh. Makasi doanya. Semoga agan sukses juga

      Delete
  2. inspiratif gan artikel'a, memang kacamata kita ibaratkan sebagai cara pandang kita terhadap masalah, tentu dalam masalah kita harus mengentahui cara pandang yang tepat untuk dpaat menyelesaikan masalah itu kan :D

    Pilihlah kacamata yang baik, pilihlah sudut pandang yang baik untuk menyelesaikan masalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat gan
      . Dan yg perlu kita ingat.. kita bisa ganti sendiri kacamata kita biar bahagia dan damai. Buka pasrah sama kacamata yang lama

      Delete

Baca juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...