Tuesday, October 7, 2014

Empat Jenis Masalah yang Dihadapi Oleh Manusia Selama Hidup

Dalam hidup ini kita selalu memiliki masalah. Jangankan kita, orang orang besar pun tidak luput dari masalah. Memang tingkatan dari masalah yang dihadapi tiap orang berbeda-beda tergantung dari tingkatan orang itu, sesuai dengan pernyataan bahwa Tuhan tidak akan memberikan masalah lebih berat dari yang dapat di hadapi umatNya.

Masalah apa yang Anda miliki? Tentu saya tidak dapat menebak secara pasti masalah yang Anda miliki. Masalah saya dan masalah Anda pastilah berbeda. Mungkin beberapa diantara anda yang merasa tetangga yang bawel sebagai masalah, atau pengeluaran yang banyak, atau mungkin sakit asam urat yang tak kunjung sembuh. 

Pada post kali ini saya akan menjabarkan empat jenis masalah yang dihadapi oleh manusia selama hidup. Ya, selama hidup. Saya yakin salah satu atau lebih dari satu dari empat jenis masalah yang dihadapi manusia selama hidup ini adalah masalah Anda. Untuk mereka yang sudah tidak hidup, saya tidak tahu apakah empat jenis masalah ini masih mereka hadapi atau tidak, namun saya yakin yang membaca tulisan ini pastilah yang masih hidup, jadi selamat membaca empat jenis masalah yang dihadapi oleh manusia selama hidup.


Empat Jenis Masalah yang Dihadapi Oleh Manusia Selama Hidup

Apakah anda memiliki masalah kesehatan? Ini adalah salah satu dari empat jenis masalah yang dihadapi oleh manusia selama hidup yang sering menjadi masalah. Masalah kesehatan bisa berupa gejala gejala ringan seperti meler setiap pagi, hingga penyakit menahun seperti penyakit kencing manis.

Dari diskusi diskusi yang saya ikuti (kebetulan latar belakang saya di kedokteran) saya menyimpulkan bahwa masalah kesehatan, yang merupakan bagian dari empat jenis masalah yang dihadapi oleh manusia selama hidup, dapat terjadi karena hal dari luar maupun dari dalam. Hal dari luar misalnya bakteri atau virus dan dari dalam misalnya gaya hidup yang kurang sehat.

Tapi setelah saya memahami SOUL Meter dari Spirit Of Universal Life, saya menyadari bahwa tidak itu saja yang menyebabkan masalah kesehatan. Ternyata tiap orang memiliki sesuatu yang saya sebut dengan "Tabungan Kesehatan" jika kita memiliki tabungan kesehatan yang baik maka kita akan cenderung lebih sehat. 

Bagaimana cara kita menambah tabungan kesehatan kita? Lakukan lah hal hal yang dapat membuat orang lain sehat. Misalnya memberi nasihat gaya hidup sehat, atau mengajak makan makanan bergizi. Seiring meningkatnya Tabungan Kesehatan anda, anda akan semakin sehat.

 ***

Hubungan disini adalah hubungan kita dengan sesama ciptaan Tuhan. Ada orang yang memiliki kesehatan yang baik, kekayaan berlimpah namun hubungan dengan keluarga nya berantakan. Hidupnya diisi dengan kemarahan dan dendam. Tentu orang seperti ini tidak akan bahagia.Coba bayangkan bagaimana da dapat bahagia bila tiap langkahnya selalu diisi dengan curiga karena kacamata kehidupan yang dikenakannya

Orang dengan hubungan yang baik akan memiliki banyak orang disekelilingnya yang akan mau membantu nya pada saat diperlukan. Tentu apabila orang ini berbisnis, dia akan dengan mudah mendapatkan banyak pelanggan. 

Sama seperti kesehatan, Hubungan juga memiliki rekening Tabungan Hubungan yang saldo nya dapat ditingkatkan dengan membantu orang untuk memiliki hubungan yang baik dan dapat dikuras saldonya dengan mengadu domba orang dan membuat orang lain memiliki hubungan yang buruk.

 ***

Kemakmuran berhubungan dengan materi. Banyak orang yang ingin makmur. Ehm pertanyaan sebelumnya, apakah kaya sama dengan makmur? Kaya dan makmur sangatlah berbeda. Anda dapat membaca di kaya belum tentu makmur tentang perbedaan nya.

Ada orang yang memiliki kesehatan yang prima, memiliki hubungan yang luar biasa baik namun tidak memiliki kemakmuran. Tanpa materi kita juga tidak dapat hidup bahagia. Bagaimana bisa bahagia bila masih tidak tahu apakah besok bisa makan atau tidak. 

Sama seperti dua bagian dari empat jenis masalah yang dihadapi oleh manusia selama hidup. Sebelumnya, kemakmuran juga memiliki rekening Tabungan Kemakmuran. Bila anda memiliki Tabungan kemakmuran yang sedikit, tentu anda akan kesulitan mendapat kemakmuran. Bagaimana anda mengetahui tabungan anda? Anda dapat berkaca pada apa yang terjadi pada anda atau menggunakan metode SOUL Meter (Untuk penjelasan SOUL Meter, sabar dulu ya. Akan saya jelaskan jika sudah waktunya :D )

Pertanyaannya bagaimana anda dapat meningkatkan Tabungan kemakmuran agar terhindar atau dapat menyelesaikan masalah kemakmuran yang merupakan salah satu dari empat jenis masalah yang dihadapi oleh manusia selama hidup. Cara yang paling mudah, bantulah orang lain agar dapat menjadi lebih makmur. Ingat apa yang anda tanam itu yang anda tuai dan tidak ada yang gratis di dunia ini. Jika anda menanam kemakmuran, anda juga akan menuai kemakmuran. 

***

Bagaimana dengan masalah spiritual? Tenang disini yang dimaksud spiritual adalah hubungan kita dengan Sang Pencipta, bukan berhubungan dengan hal hal klenik dan mistik. 

Ada orang yang memiliki kesehatan yang prima, kemakmuran yang berlimpah dan hubungan yang indah namun merasa kurang di dada. Yang kurang bisa jadi hubungan dengan Tuhan. Hubungan dengan Tuhan ini bersifat sangat personal antara Anda dan Tuhan. Tanpa hubungan spiritual yang kuat seseorang akan susah menemukan kedamaian dalam hidup ini. 

Mereka yang selalu menyalahkan Tuhan, mereka yang menganggap Tuhan tidak adil artinya mereka memiliki hubungan Spiritual yang kurang baik, walaupun terkadang apa yang kita lihat dapat menipu, untungnya dengan SOUL Meter kita dapat mengukur apa yang ada dalam diri kita dan dapat mengetahui apakah kita masih kurang dalam spiritual atau tidak. 

Untuk meningkatkan saldo tabungan spiritual anda, anda tidak harus menjadi pertapa/ biksu/ ustad/ pendeta.  Silahkan baca Tiga Rahasia bla bla bla.. itu adalah salah satu cara termudah untuk memahami spiritual, dan bantulah teman anda untuk menyadari dan memahami hal tersebut. Tentu bila anda ingin memilih jalan sebagai pemuka agama tidak akan saya larang juga :D 

*** 

Itulah empat jenis masalah yang dihadapi oleh manusia selama hidup. Semoga dengan memahami hal ini kita dapat menata hidup kita dengan lebih baik dan dapat menyiapkan diri dan membebaskan diri dari masalah masala tersebut. Walaupun selama kita hidup masalah akan selalu datang.

Dari penjabaran di atas, saya tekankan banyak yang berpikir bahwa kita memberi sedekah / berbagi pada saat kita kelebihan, padahal pada saat kita kekurangan adalah saat yang paling penting untuk melakukan sedekah/ berbagi. Karena pada saat itu lah kita menabung dan meningkatkan saldo tabungan kita yang akhirnya akan  terealisasi atau mewujud menjadi apa yang kita miliki.

Dari empat masalah diatas, yangmana kah yang merupakan masalah anda? Silahkan share di kotak komentar

6 comments:

  1. Udah pernah ngalamin semua tuh sob ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah lah sob ;) kalo belum ngalamin gak bisa bikin postingan kaya gini :p

      Delete
  2. iya gan, pas bgetd kena ke ane !
    soalnya udh prnah rasain juga mslah tuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya semoga dengan lebih paham dapat lebih mudah mengatasi masalah

      Delete

Baca juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...